English Globally, Learning Widely.

Wednesday, February 28, 2018

[Panduan Pemula] Cara Mengganti Template atau Tema Blogger.com



Seminggu ini tugas saya sebagai pendidik muda di salah satu SMK swasta di Kabupaten Kendal kian padat dan hanya punya sedikit waktu senggang dirumah untuk sekedar membuka blog yang sebetulnya sudah lama saya buat. Namun, justru hal ini awalnya hanya saya buat sebagai sesuatu yang iseng-iseng saja saya lakukan agar kepenatan dari tugas-tugas sekolah dapat cukup berkurang dengan saya mengaktifkan kembali blog yang lama tidak saya perbaharui ini. Rasa suka mempergunakan imajinasi dan kreasi di internet saya kemudian mencoba menelusuri alamat website penyedia tema atau templates keren dan menarik melalui Google.  

Menurut saya tema dasar Blogger perlu kita ganti menjadi yang lebih menarik agar mampu memikat perhatian banyak pengunjung dan nyaman dilihat mata. Sehingga, banyak dari para blogger hanya sibuk untuk mencari tema baru blog yang mereka inginkan. Kebanyakan para blogger baik pemula maupun profesional menginginkan tema blog yang fast, rensponsive, dan SEO sudah aktif. Baik kalau begitu langsung saja akan saya paparkan secara sederhana untuk temen-temen khususnya yang pemula tentang cara mengubah tema atau template blog di Blogger.

Apa sih Template atau Tema itu?
Template atau tema blog merupakan tema desain dari halaman muka blog yang temen-temen buat beserta komponen-komponennya. Template blog biasanya berbentuk dalam file yang berekstensi .xml. Di dalam file .xml itu semua isi dari HTML, CSS, dan JavaScript ada disitu. Contoh tampilan template atau tema yang sudah diganti temen-temen bisa lihat seperti di blog punyaku ini bahwa terlihat tema atau desain template dari halaman blogku terlihat modern dan tersusun rapi. Nah, bagaimana caranya temen-temen bisa ganti tema atau template seperti punyaku ini? Gampang caranya. Teruslah baca artikel ini sampai akhir, dijamin temen-temen pasti akan berhasil mengubah template atau tema yang disukai.

Bagaimana temen-temen bisa mendapatkan template blog menarik?
Temen-temen dapat memperoleh pilihan template atau tema blog secara gratis dari Google, dan saya sarankan menggunakan template blog dari situs web yang saya rekomendasikan berikut ini:
1.      Arlina Design
2.      ThemeXpose
3.      Sugeng.id
4.      Btemplates

Saran saya, temen-temen gunakan situs web Btemplates seperti yang saya gunakan seperti ini. Temen-temen tinggal buka websitenya saja dan pilih setelan template atau tema yang temen-temen sukai lalu temen-temen tinggal mendownloadnya saja.


 Kenapa harus Btemplates?

1. Struktur data pada blog tidak bermasalah
cari dan pilih template yang memiliki struktur data yang tersusun dengan rapi juga tidak bermasalah dan menggunakan html dan css yang telah valid. Untuk mencari tahu template yang memiliki struktur data yang bermasalah, temen-temen juga dapat menggunakan tools yang telah disediakan oleh google yaitu Structured data testing tools.

2. Template blog yang ringan
Memilih template yang ringan bukan berarti mudah dibawa kemana-mana, hehe. tetapi template yang ringan dapat membuat blog temen-temen lebih cepat untuk diakses oleh pengunjung dan juga tentunya loading blog yang cepat adalah impian dari pengunjung. apabila template pada blognya itu ringan maka proses pada loading di blog itu juga akan cepat. dan jika kecepatan loading pada blog cepat maka nilai seo pada blog tersebut juga ikut cepat. Untuk mengetahui seberapa cepat dari loading blog temen-temen, tmeen-temen dapat mengeceknya di GTMetrix. Saya sarankan gunakan template blog yang nilainya di GTMetrix dengan nilai B atau A.

3. Memiliki skor SEO yang tinggi
Template yang skor SEO tinggi merupakan hal yang terpenting pada blognya temen-temen. Karena SEO dapat mempengaruhi terhadap mesin pencarian, mengapa berpengaruh ? karena semakin tinggi skor seo pada template blog temen-temen, maka artikel anda juga dapat muncul di halaman pertama pada mesin pencarian seperti Google dan template blog yang nilai seo tinggi itu dapat memudahkan artikel blog temen-temen di index oleh google. Semakin besar skor seo pada template blog anda juga akan semakin besar kemungkinan blog temen-temen tampil dihalaman pertama pada mesin pencarian. untuk cari tahu skor seo pada template blog anda, anda bisa mengeceknya di chkme dengan gratis.

4. Memiliki desain yang responsive
Desain Responsive pada template blog yaitu dapat menyusun dengan baik ukuran template pada layar di browser. Baik itu layar pada handphone dan juga pada layar pc atau laptop. Manfaat dari menggunakan template yang responsive, supaya halaman pada blog temen-temen tidak terpotong pada saat kita membuka situsnya di layar yang kecil dan juga tidak perlu untuk menggeser halaman pada blog temen-temen ke kiri atau ke kanan dengan sulit. untuk mengetahui desain responsive pada blog, temen-temen dapat mengeceknya di Am I Responsive.

5. Mendukung fitur Mobile Friendly
Template blog yang telah mendukung fitur mobile friendly yaitu dengan maksud template itu dapat menyesuaikan dan memberi kemudahan ketika diakses melalui perangkat handphone atau tablet. Untuk mengetahui template blog yang telah memiliki fitur mobile friendly temen-temen dapat mengeceknya di Mobile Friendly Test.

Setelah mendownload beberapa tema seperti diatas, lalu temen-temen pilih salah satu dan pastikan ketika dibuka akan muncul file berkestensi .XML

Langkah-langkah mengganti tema atau template secara sederhana hasil keren dan memuaskan
Silahkan simak dan ikuti cara pemasangan dibawah ini, kita mulai dari yang pertama.

1. Masuk ke dashboard blog di blogger.com
Yang pertama temen-temen lakukan yaitu masuk ke dashboard pada platform blogger di blogger.com. setelah temen-temen masuk, nanti temen-temen diminta untuk login menggunakan akun gmail temen-temen, dan juga pastikan temen-temen telah mempunyai blog.


2. Pilih tema akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu pilih dan klik Edit HTML

3. Copy seluruh file berekstensi .XML pada tema atau template pilihan terbaru dari Btemplate yang telah temen-temen pilih tadi


4.Paste ke bagian entri Edit HTML pada menu tema di blog temen-temen. Lalu, klik simpan tema.

5.   Selamat !! Template atau desain blog anda telah berubah.
Saya mengucapkan selamat kepada temen-temen yang telah berhasil mengubah tema atau templatenya, gampang kan? iya gampang, memang dengan template yang temen-temen pilih sesuai kriteria yang telah saya sarankan. Mudah-mudahan blog temen-temen termasuk dalam blog yang disukai oleh Google, amiin.


Sekiranya itu yang sementara ingin saya bagikan pengalaman saya saat mengubah template atau tema dari blog di Blogger.com. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips-tips berikutnya. Matursuwun.....






0 komentar:

Post a Comment