English Globally, Learning Widely.

Friday, March 16, 2018

Daftar UIN di Indonesia

Pusing menentukan mau kuliah dimana? takut pergaulannya tidak terjaga ketika sudah menjadi mahasiswa? mau kuliah dibidang umum namun tetap ingin mendapatkan ilmu agama? yaapp.... kuliah di UIN adalah jawaban yang tepat. Berikut referensi daftar UIN atau Universitas Islam Negeri di seluruh Indonesia saat ini berjumlah 11 universitas. Rata-rata, UIN tersebut merupakan peningkatan status dari IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Universitas Islam Negeri pertama adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terletak di Tangerang, Banten yang mengalami perubahanan dari IAIN menjadi UIN pada tahun 2002 silam.

UIN sendiri adalah salah satu bentuk Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. Sebagaimana diketahui, di Indonesia terdapat tiga jenis PTKIN yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

UIN, sebagaimana PTKIN lainnya, dikelola secara fungsional oleh Kementerian Agama. Sedangkan secara teknis akademik, pembinaannya dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) layaknya universitas lainnya.

Daftar Lengkap UIN di Indonesia

Daftar lengkap UIN di Indonesia ini disusun sebagai referensi bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah (dan SMA lainnya), khususnya kelas XI dan XII dalam memilih jenjang perguruan tinggi.

Berikut ini adalah daftar ke-11 Universitas Islam Negeri yang ada di Indonesia, lengkap dengan lokasi kampus, logo UIN, fakultas yang dimiliki, dan situs webnya.

0 komentar:

Post a Comment