English Globally, Learning Widely.

Wednesday, March 14, 2018

Tips Menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah




Ajang pemilihan duta yang satu ini cukup banyak digandrungi oleh kalangan mahasiswa karena dari berbagai ajang pemilihan duta, pemilihan duta Bahasa miliki kriteria tinggi badan yang berbeda dari pemilihan ajang lainnya.
Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika tahun 2017 saya mengikuti audisi Finalis Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Pagelaran tahunan ini biasanya dimulai kegiatan audisinya pada bulan Mei. Persyaratan untuk mengikuti ajang ini pun relatif cukup mudah sehingga banyak kalangan mahasiswa se-Jawa Tengah ingin mendaftarkannya. Persyaratan tersebut antara lain:
1.    Berpenampilan menarik dengan tinggi badan laki-laki minimal 165cm dan perempuan 155cm
2.    Menyerahkan makalah sebanyak tiga eksemplar dengan ketentuan penulisan maksimal lima halaman menggunakan huruf  Times New Roman 12 spasi 1,5. Dalam pembuatan makalah itu, temen-temen dapat memilih tema Peran Pemuda dalam Permartaban Bahasa Indonesia atau Peran Pemuda dalam Pembangunan Kesatuan Bangsa melalui Bahasa.
Cukup mudah bukan? Pada bulan Oktober atau biasa disebut bulan Bahasa Nasional pemenang ajang pemilihan ini akan mewakili provinsi Jawa Tengah ke tingkat Nasional.
Pendaftaran peserta dimulai dari pendaftaran online di website balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (http://www.balaibahasajateng.web.id/) dan mengirimkan berkas melalui e-mail. Pada tahap seleksi administrasi ini temen-temen diminta mengirimkan biodata lengkap beserta keterlibatan temen-temen dalam kegiatan sosial dibidang pendidikan, sosial, agama atau lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan pengembangan bahasa. Selain itu alangkah lebih baik, temen-temen juga menyertakan sertifikat-sertifikat yang relavan dengan kompetisi ini dan pas foto seluruh badan ukuran 4R menggunakan pakaian batik yang menarik.
Untuk memperoleh informasi terkait pengumuman keberhasilan seleksi administrasi, temen-temen akan mendapatkan email balasan berupa pernyataan lolos seleksi administrasi atau temen-temen dapat melihat pengumuman tersebut melalui website balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Saat temen-temen sudah dinyatakan lolos berkas, maka dengan demikian temen-temen berhak mengikuti serangkaian audisi di balai Bahasa Jawa Tengah untuk melakukan tes wawancara dan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Kedua tes ini dilakukan secara bergilir dibagi kedalam beberapa kelompok berdasarkan nomor urut ketika temen-temen tiba di lokasi seleksi. Oleh sebab itu, saya sarankan temen-temen untuk dapat sampai di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah maksimal 1 jam sebelum acara tes dimulai. Pengalaman saya waktu tahun kemarin seleksi hari pertama untuk kelompok 1-3 berakhir sampai sekitar jam 8 malam. Tak perlu khawatir kenapa bisa sampai selama itu tes seleksinya. Hal itu dikarenakan saat tes wawancara temen-temen akan diwawancarai oleh tiga juri yang berbeda-beda yaitu masing-masing menguji untuk seleksi tes bahasa Jawa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ketika temen-temen sudah berniat untuk mengikuti audisi ajang ini saya sarankan temen-temen sudah menyiapkan segala jawab dari semua jenis pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh dewan juri. Termasuk wawasan mengenai isu-isu terkini tentang bahasa dan penggunaannya. Berdasarkan apa yang telah saya alami waktu mengikuti audisi tahun kemarin, ketika tes wawancara bahasa Jawa, temen-temen sebaiknya juga menjawab dengan bahasa Jawa. Dalam hal ini berarti temen-temen perlu menjawab dengan bahasa Jawa krama alus. Selain itu, temen-temen diminta untuk menyampaikan moto dan motivasi hidup dalam bahasa Jawa, nembang Macapat, menulis aksara Jawa, dan nembang campursari. Setelah tahap tersebut lancar, berikutnya temen-temen beralih ke tes bahasa Indonesia. Pada tes kali ini temen-temen lebih cenderung akan ditanya mengenai isu-isu, permasalahan, dan upaya mempertahankan budaya dan bahasa Indonesia bahkan untuk dikenal dikancah Internasional. Jadi, persiapkan hal tersebut dengan matang ya, guys! Tes wawancara terakhir yang kebanyakan bikin tegang adalah tes wawancara bahasa Inggris. Pada tahap ini dari pengalaman saya sebelumnya, saya hanya diwawancarai tidak lebih selama 5 (lima) menit, saya hanya ditanya tentang background pendidikan dan aktivitas sehari-hari. Pastikan pada tahap tes ini, bagi temen-temen yang masih kurang penguasaan dalam bahasa Inggris, saya anjurkan untuk menghafalkan dulu apa yang sekiranya ingin diutarakan sewaktu diwawancarai. Bisa jadi hal itu akan berkaitan dengan profil temen-temen, tentang kelemahan dan kelebihan diri, aktivitas sehari-sehari, latar belakang pendidikan, kondisi keluarga, motivasi mengikuti audisi, dan isu-isu terkini tentang penggunaan bahasa.
Tes terakhir adalah tes UKBI,  mungkin aneh kali ya bagi temen-temen yang belum pernah mendengar istilah UKBI. Bagi temen-temen yang sudah tidak asing lagi dengan tes TOEFL atau tes bahasa Inggris bisa samakan model dan teknis pengerjaan tesnya. Tes UKBI kalau dalam bahasa Inggris memang hampir sama dengan tes TOEFL. Keduanya sama-sama terdiri dari tiga bagian. Bagian yang pertama adalah mendengarkan. Kalau dalam tes TOEFL Listening section. Bagian kedua adalah merespon kaidah, jika temen-temen menghadapi tes TOEFL, pada bagian ini hampir sama dengan Error Recognitio Section atau Structure and Written Expression. Bagian terakhir yaitu membaca seperti Reading dalam tes TOEFL. Temen-temen akan disuguhkan berbagai jenis bacaan baik fiksi maupun non-fiksi untuk mengusi kemahiran membaca peserta tes UKBI.

Serangkaian tes semua tahap sudah dilalui, maka temen-temen diperkenankan pulang dan menunggu hasil akhir untuk penetapan Finalis Duta Bahasa Jawa Tengah sekitar 2 (dua) minggu setelah audisi dilaksanakan. Pada saat karantina ketika temen-temen dinyatakan sebagai Finalis, temen-temen diminta presentasi dihadapan 5 (lima) dewan juri tentang proyek pembuatan makalah secara individu. Setelah itu, akan ada malam pertunjukan bakat dan seni oleh masing-masing Finalis. Pada sesi ini pertunjukan seni tari akan menjadi nilai tambah yang sangat tinggi apabila ada Finalis yang mempertunjukkannya. Pemenang dari Pemilihan ini secara otomatis akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional pada bulan Oktober. Dengan temen-temen membaca artikel ini, saya berharap akan ada banyak manfaat bagi temen-temen yang ingin mengikuti seleksi Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah tahun 2018. Semangaaattt...... semoga beruntung ya J  

0 komentar:

Post a Comment